Tuesday, November 8, 2011

Poseidon

*edited* reached 100 visits guys! :D thanks for visiting this unorganized and messy blog.

sekarang gue akan ngebahas tentang sang dewa laut sekaligus salah satu dari dewa paling powerful di antara dewa Olympus, Poseidon.
-God of the sea, protector of all waters. He was widely worshiped by seamen.-

Poseidon adalah salah satu dari kakaknya Zeus. waktu yang undian itu(?), si Poseidon dapet bagian laut. intinya keairan deh, dia yang nguasain. dia juga dewa dari para kuda. kenapa bisa jadi dewa para kuda? karena konon, si Poseidon ini naksir ama Demeter. trus dia ngajak Demeter nikah, tp Demeter nolak. katanya, kalo mau nikah sama dia, harus bikinin si Demeter ini binatang yang belom pernah dunia liat sebelumnya. dia coba2 lah bikin kuda. pertama2nya, kudanya masih cacat. Poseidon nggak puas. dia malah keterusan nyoba bikin kuda, sementara perasaannya ama Demeter lama2 ngilang gara2 kuda. ujug2nya, Poseidon menikahnya sama Amphitrite, seorang nereid atau peri air sekaligus cucunya salah satu titan, Oceanus. binatang favoritnya Poseidon adalah kuda dan banteng, sementara pohon yang jadi simbolnya adalah pohon pinus. senjatanya yang paling terkenal adalah trisula, yang bisa menciptakan gempa dan menghancurkan objek apapun. trisulanya ini, satu pukulannya ke tanah dapat membelah bumi (widih). dia ini kekuatannya, yah, katanya sih kedua terkuat setelah Zeus. tapi sifatnya ini beda banget ama Zeus. kalo Zeus mencerminkan keagungan, dia malah kayak lautan yang kadang tenang, kadang bergejolak. tapi dia ini sifatnya serakah dan cerewet. dia sering banget berselisih sama dewa lainnya buat nguasain suatu kota. contohnya sama Athena, dia dan Athena ini musuh besar karena mereka sama2 pengen nguasain kota Athena yang sekarang jadi ibukota Yunani. dalam mitologi Romawi, Poseidon disebut pula Neptunus.

julukan2 untuk Poseidon:
  • Hippios "Dewa kuda"
  • Enosikhthon (Ἐνοσέχθων) "Pengguncang Bumi"
  • Geokhos (Γεήοχος) "Penjaga Bumi"
Trivia:
  • Dalam perang antara raksasa melawan para dewa, Poseidon bertarung melawan raksasa Polibotes. Poseidon mengejarnya dan kemudian membunuhnya dengan cara melempar sebuah pulau pada Polybotes. Poseidon juga pernah membunuh para Kentaur ketika mereka sedang dikejar-kejar oleh Herakles.
  • Suatu ketika Ares terperangkap jaring Hepheastus. Poseidon kemudian memerintahkan Hepheastus untuk membebaskan Ares. Namun Poseidon juga pernah berselisih dengan Ares karena Ares membunuh anaknya, Alirrothios.
  • Raja Kreta, Minos, meminta seekor banteng pada Poseidon dan berjanji akan mempersembahkan banteng tersebut dalam pemujaaan terhadap Poseidon. Poseidon kemudian memunculkan seekor banteng putih yang indah dari laut. Banteng tersebut mampu berjalan di atas air. Tetapi Minos melanggar janjinya dan menolak mempersembahkan banteng tersebut akibatnya Poseidon membuat istri Minos, Pasifae, jatuh cinta pada banteng tersebut sampai akhirnya Pasifae melahirkan Minotaur, setengah manusia setengah banteng.
  • Di Argos, Poseidon kalah bersaing dalam perebutan kota dengan Hera. Poseidon kadang-kadang mengeringkan sungai-sungai di Argos dan di lain waktu membuatnya banjir.
  • Pada Perang Troya Poseidon memihak bangsa Yunani, kadang-kadang dia menjelma sebagai manusia dan menyemangati pasukan Yunani dalam menghadapi pasukan Troya. Ketika Zeus memperbolehkan para dewa untuk ikut berperang sebagai dewa, Poseidon membantu pasukan Yunani dengan membuat bumi berguncang. Namun Poseidon menyelamatkan seorang pahlawan Troya, Aeneas, putra dewi Aphrodite and Ankhises. Dia menjauhkan Aeneas dari Achilles karena Aeneas ditakdirkan untuk menjadi pemimpin Troya di masa depan.
-coming up next, Apollo.

4 comments:

  1. lalu apa hubungannya dewa laut sama racun?
    (dewa laut = poseidon, racun = poison)

    ReplyDelete
  2. ^^ beberapa racun berasal dari laut *sotoy* (OOT dikit)

    tanya dong, kenapa Poseidon dibilang dewa terkuat kedua setelah Zeus? bukannya yg kedua Hades yah?(IMHO)

    ReplyDelete
  3. kenapa gue baru tau gue itu anak poseidon?1!!11!111!!



    loblmcmnntbalikna

    ReplyDelete